SUMBER MARON

Pemandian Alam Sumber Maron terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasi wisata alam ini berada sekitar 5 km di sebelah barat kota Gondanglegi, Malang. Atau bila ditempuh dari Kepanjen hanya berjarak sekitar 4 km ke arah timur. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat obyek wisata alam ini belum banyak dikenal oleh masyarakat umum. untuk lebih mudahnya ikuti saja plakat ke arah pantai bali kambang akan tetapi setelah sampai pada kecamatan pagelaran dan sampai pada lampu merah terahir menuju pantai bali kambang pengunjung tidak perlu belok ke arah pantai, jadi pengunjung harus lurus hingga menemukan plang dibawah ini dikiri jalan jika anda sudah melihat plang ini anda tinggal belok saja mengikuti plakat yang ada untuk menuju ke sumber maron. Sumber maron terletak di tengah-tengah kawasan persawahan penduduk, Sumber Maron merupakan sumber mata air tanah alami yang sangat menawan. Asal mula nama Sumber Maron sendiri konon karena dahulu mata air ini muncul dari sebuah maron yaitu sejenis peralatan menanak nasi yang dibuang di daerah tersebut. Ada juga yang menyatakan nama Sumber Maron berasal dari keadaan lingkungan sumber air yang menyerupai maron.
Terdapat dua lokasi atau dua pintu utama di Pemandian Sumber Maron yang banyak dikunjungi wisatawan. Yakni pintu masuk pertama yang didalamnya terdapat penampungan air yang bisa digunakan untuk berenang. Pada pintu satu tersebut terdapat pula warga yang menyewakan ban pada para pengunjung. Sedangkan dari pintu kedua, terdapat aliran sungai Sumber Maron yang mirip air terjun.  Udaranya yang segar membuat para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Sumber Maron ini merasa betah dan puas. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dengan bermain-main di kolam maupun air terjun di dekatnya. Aliran sumber airnya pun mengalir cukup deras dari bawah pepohonan dan membentuk kolam-kolam alami yang sangat jernih. Begitu jernihnya air hingga terlihat bebatuan yang berada di dasar pemandian. Sehingga oleh masyarakat sekitar, Sumber Maron dimanfaatkan sebagai kolam renang alami. Kolam pemandian di tempat ini pun tidak terlalu dalam, semakin ke tengah kedalamannya hampir mencapai 2 meter.


Uniknya, air dari Sumber Maron juga membentuk air terjun kecil, sehingga pengunjung bisa bermain-main di jeramnya. Air terjun yang biasa disebut Grojogan Sewu oleh masyarakat sekitar ini tidak begitu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 5-6 meter dan kemiringan sekitar 60 derajat.
Tempat wisata ini biasanya ramai hanya pada hari Minggu atau hari libur saja, selain hari itu keadaannya masih sepi. Untuk memasuki Sumber Maron tidak dipungut biaya, kecuali bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Menariknya, jika kita memandang sekitar lokasi Sumber Maron dari area tempat parkir, mata akan terasa sejuk dengan view berupa hamparan persawahan nan hijau yang luas. Pemandangan ini mirip dengan persawahan sistem terasering (subak) yang ada di Bali.


kita bisa menghilangkan stres dengan mendatangi tempat ini karna di tempat ini kita bisa sepuasnya bermain air dan juga bermain river tubing bagi anda yang ingin memacu andrenalin. disekitan aliran sungai river tubing disediakan pula gazebo-gazebo peristirahatan untuk menitipkan barang maupun hanya sekedar bercengkrama bersama teman teman. di tempat ini juga banyak warung warung penjual kopi bagi anda penikmat kopi dengan pemandangan pengunjung lain yang sedang menikmati permainan river tubing.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar