contoh LPJ PRAMUKA RACANA UIN MALIKI MALANG

KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka !
Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayah-Nya kepada kita semua, sehingga kami bisa menyelesaikan kegiatan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana Masa Bhakti 2013 dan HUT Gudep 04.335-04.336 Pangkalan Universitas Islam Negeri Mulana Malik Ibrahim Malang, dan dengan Rahmat-Nya jualah kami dapat menyelesaikan Laporan  Pertanggungjawaban ini.
Sholawat serta salam senantiasa kami curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang selalu kita harapkan syafa’atnya di akhirat kelak, Amin ya Robbal ‘Alamin.
Kami berharap laporan pertanggungjawaban ini bisa dijadikan sebagai bukti terlaksananya kegiatan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep 04.335-04.336 XXIV dan sekaligus bisa dijadikan bahan koreksi bagi kami sebagai Tim Khusus MUSDEGA XXIV dalam menyelesaikan kegiatan tersebut.
Kami menyadari bahwa penyusunan laporan pertanggungjawaban ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kami sebagai Tim Khusus MUSDEGA XXIV mengharap saran dan kritik dari pembaca khususnya dan dari semua anggota Racana umumnya, sehingga penulisan atau penyusunan laporan yang akan datang akan lebih baik.
Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini, juga kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep 04.335-04.336 XXIV, dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika kami mempunyai banyak kekurangan dan kesalahan dalan menjalankan amanat sebagai Tim Khusus MUSDEGA XXIV.
Salam Pramuka !
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                                                                  Malang,                   
                                                                                                                 Timsus MUSDEGA XXIV
BAB I
PENDAHULUAN
A.  DASAR PEMIKIRAN
Musyawarah Pandega atau yang disingkat dengan MUSDEGA adalah salah satu program kerja rutin yang dilaksanakan satu tahun sekali tepatnya pada setiap akhir masa jabatan Dewan Racana yang di dalamnya mengandung makna yang sangat berarti bagi perkembangan Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Malang 04.335-04.336 Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pada prinsipnya, MUSDEGA ini dilaksanakan adalah bertujuan untuk menggali aspirasi dari seluruh anggota demi suksesnya penyusunan program kerja periode berikutnya berdasarkan laporan pertanggungjawaban dari Dewan Racana periode sebelumnya, juga dimaksudkan untuk melahirkan generasi baru yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan yang ada di tubuh Dewan Racana Gerakan Pramuka Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
B.  DASAR KEGIATAN
1.         Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
2.         Keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
3.         Keputusan Presiden RI nomor 24 tahun 2010 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan         Pramuka.
4.         Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 203 tahun 2009 tentang Anggaran Rumah             Tangga Gerakan Pramuka.
5.         Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 63 tahun 1987 tentang Pengendalian Gugus          Depan yang Berpangkalan di Perguruan Tinggi.
6.         Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 054 tahun 1980 Jo. Keputusan Kwarnas    Gerakan Pramuka nomor: 37 Tahun 1987 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan     Pengembangan Gugus Depan yang Berpangkalan di Perguruan Tinggi.
7.         Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka nomor : 105 tahun 1980 Jo. Keputusan Kwarnas    Gerakan Pramuka nomor : 080 tahun 1988 tentang Pola dan mekanisme Pembinaan            Pramuka Penegak dan Pandega.
8.         Keputusan Musyawarah Pandega XXIV Gugus Depan Kota Malang 04.335-04.336          Pangkalan Universitas Islam  Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, tanggal 9-12 Januari             di Blitar.
9.         Surat Keputusan Dewan Racana Masa Bhakti 2011 Nomor : 94/KPTS/1332/04.335-04.336-         tentang pengangkatan Team Khusus MUSDEGA XXIV.
C.   NAMA KEGIATAN
Musyawarah Pandega (MUSDEGA) XXIV 2012, Pelantikan Dewan Racana Masa Bhakti 2013 dan HUT Gudep 04.335-04.336 XXIV.
D.  TUJUAN
1.      Mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki oleh anggota dengan tepat dan terarah, sehingga mampu berdaya guna, tepat guna dan berhasil melalui wadah Gerakan Pramuka, khususnya di Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
2.      Meningkatkan peran serta Pramuka Gudep Kota Malang 04.335-04.336 dalam kancah akademis sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3.      Mengembangkan serta melaksanakan program kerja Gugus Depan secara terarah dan terpadu berdasarkan rasa tanggungjawab, loyalitas dan dedikasi yang tinggi.
4.      Meningkatkan solidaritas antar anggota Pramuka dan rasa kebanggaan dalam setiap anggota terhadap Gerakan Pramuka, khususnya Gudep Kota Malang 04.335-04.336 Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
5.      Terbentuknya struktur organisasi Gerakan Pramuka Gudep Kota Malang 04.335-04.336 dengan harapan terciptanya mekanisme kerja secara jelas, teratur dan terencana.
B.  BENTUK KEGIATAN
1.       Musyawarah Pandega (MUSDEGA) XXIV.
2.       Pelantikan Dewan Racana Masa Bhakti 2013 dan HUT Gudep Kota Malang 04.335-04.336 XXIV.
C.    DANA
  1. Pemasukan
a.      Dari Dewan Racana.
b.      Iuran Peserta MUSDEGA XXIV @ 5.000.
  1. Pengeluaran (terlampir)
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    PERSIAPAN TIM KHUSUS MUSDEGA XXIV
      Persiapan Tim Khusus MUSDEGA XXIV dilakukan dengan beberapa proses, yaitu :
1.      Penerimaan SK pengangkatan Team Khusus MUSDEGA XXIV.
2.      Pembagian Job Description.
3.      Koordinasi Timsus.
B.     PESERTA DAN PELAKSANA
1.    Peserta MUSDEGA XXIV adalah anggota Racana Gudep Kota Malang 04.335-04.336, Tamu Racana dan para undangan.
2.    Pelaksana MUSDEGA XXIV adalah TIM KHUSUS MUSDEGA XXIV dengan susunan anggota sebagaimana terlampir.
C.      WAKTU DAN TEMPAT
1.     MUSDEGA XXIV
a.  Hari/Tanggal          : Sabtu-Senin / 29-31 Desember 2012
b.  Tempat                   :Ds. Ketegan Rt. 001 Rw. 001 Kec. Rejoso Kab. Pasuruan
                                                (Rumah Kakak Ainun)
2.     Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep XXIV
a.  Hari/Tanggal          : Minggu / 10 Februari 2013
b.  Tempat                   : Aula Gedung C Lt. 3
D.    KRONOLOGIS
v  MUSDEGA XXIV
Masa bhakti Dewan Racana 2012 telah berakhir dan akan ditutup dengan acara musyawarah pandega XXIV yang biasanya lebih akrab dengan sebutan MUSDEGA. Sebelum hari tersebut tiba, maka Dewan Racana membuat surat keputusan pembentukan tim khusus untuk acara tersebut yang bertujuan mengambil kemufakatan untuk progam kerja gugus depan UIN MALIKI Malang pada periode selanjutnya dan yang akan ditutup dengan pelantikan  ketua Dewan Racana yang baru.
            Masa persiapan ini berkisar kurang lebih tiga minggu. Adapun persiapan dari tim khusus terkait kegiatan tersebut yaitu dengan adanya koordinasi selama empat kali pertemuan dan juga persiapan dari masing-masing sie. Walaupun ada beberapa kendala yang sempat menjadi penghambat, akhirnya kepanitiaan ini berjalan dengan lancar.
SABTU, 29 DESEMBER 2012
Pukul 05.30-06.30 WIB, adalah persiapan bagi masing-masing peserta yang dipandu oleh timsus musdega. Semuanya bersiap dan berkumpul di depan SC setelah melakukan beberapa persiapan, baik persiapan pribadi maupun persiapan perbekalan yang akan di bawa ke lokasi MUSDEGA. Pukul 06.30-09.30 WIB adalah pemberangkatan beberapa orang anggota dan tamu racana dengan berkendaraan len sampai terminal Arjosari dan berganti dengan bis sebagai transportasi. Lokasi yang dituju bertempat di Rejoso, Pasuruhan yaitu rumah dari bapak H. Sufyan bapak dari kakak Ainaun Nadhiroh.
Peserta MUSDEGA tiba dilokasi pada pukul 09.30 WIB dan langsung melakukan giat pribadi sampai pukul 10.00 WIB. Pukul 10.00-10.46 WIB adalah persiapan peserta untuk melaksanakan upacara pembukaan. Upacara terlaksana pada pukul 10.46-11.25 WIB, yang dihadiri oleh dewan racana, anggota racana, tamu racana dan perwakilan dari tuan rumah dengan memberikan sedikit sambutan.
Selang beberapa menit kemudian acarapun berganti menjadi pengesahan agenda sidang yang dipimpin oleh koordinator tim khusus MUSDEGA. Agenda tersebut selesai tepat waktu dan dilanjutkan dengan ISHOMA sampai pukul 19.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan kembali dengan pengesahan tata tertib pemilihan presidium sidang. Dari sesi inilah perdebatan-perdebatan mulai timbul. Perbedaan pemikiran dan penafsiran masing- masing anggota mulai dilontarkan, meskipun demikian para anggota masih menjunjung tinggi sikap toleransi. Pemilihan presidium sidang dilakukan secara tertulis, sehingga para peserta sidang MUSDEGA bisa memilih sesuai dengan kata hati masing-masing. Dalam pemilihan tersebut, suara terbanyak jatuh kepada kak M. Munif, suara kedua jatuh kepada kak Fikri dan suara ketiga jatuh kepada kak Hamim. Dan dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang dari Koordinator ke Presidium Sidang. Pengesahan rancangan ketentuan oleh Presidium Sidang pun dilaksanakan walaupun masih saja diwarnai perdebatan dari peserta sidang.
Setelah sekian lama beradu pendapat, para peserta diberikan waktu untuk ISHOMA sampai pukul 17.00 WIB. Dan pada pukul 19.00 WIB agenda dilanjutkan dengan sidang pleno I. Sidang pleno I merupakan Laporan Pertanggung Jawaban dari Dewan Racana masa bhakti 2012. Mereka melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah berjalan selama periode mereka. Walaupun kegiatan tersebut banyak yang tidak terlaksana sehingga banyak menimbulkan pertanyaan bagi anggota racana peserta sidang.
Usai Laporan Pertanggung Jawaban Dewan Racana, dilanjutkan dengan laporan komandan PASUSKA yaitu oleh kak Febri. Setelah itu dilanjutkan dengan pandangan umum kepengurusan Dewan Racana 2012 oleh perwakilan masing-masing angkatan. Ada manis ada pahit. Ada pujian ada juga kritikan. Begitu pula Dewan Racana periode 2012, disana banyak yang memuji namun tidak sedikit pula yang mengkritisi. Diakhiri dengan keputusan akhir dari pemangku adat untuk memutuskan diterima atau tidaknya Laporan Pertanggung Jawaban tersebut. Oleh karena itu pemangku adat meminta perwakilan setiap angkatan 2009-2010 untuk membantu mempermudah dalam pengambilan keputusan. Adapun keputusan akhir dari pemangku adat adalah diterimanya laporan pertanggung jawaban tersebut dengan beberapa persyaratan yang diajukan. Acara berlangsung hingga pukul 23.30 WIB, dan di lanjutkan dengan MENGGAPAI BINTANG  hingga pukul 05.00 WIB.
MINGGU, 30 DESEMBER 2012
Pukul 07.00 WIB adalah batas maksimal giat pribadi yang telah disepakati. Maka sidang komisi A, B, dan C pun dimulai. Semua peserta MUSDEGA telah terbagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing menuju tempat persidangan yang telah ditentukan. Disana tiap-tiap peserta berusaha keras untuk menyatukan persepsi dalam rancangan komisi. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah, karena mereka mempunyai pendapat yang berbeda-beda hingga terkadang mengharuskan mereka untuk menghabiskan waktu hanya untuk sebuah redaksi saja. Sidang komisi ini berakhir pada pukul 09.00 WIB yang dilanjutkan dengan sidang pleno II. Sejenak sidang ini berlangsung dengan baik. Namun bukanlah sidang pleno tanpa adu pendapat ataupun adu fikir dari berbagai pihak. Dalam sidang pleno II ini adalah penggodokan agar semua anggota racana dan tamu racana bisa mengerti, memahami dan menimbang persepsi-persepsi yang telah mereka persiapkan dengan matang dalam sidang komisi masing-masing. Dan ternyata sidang pleno yang diwarnai oleh pertanyaan-pertanyaan dari otak cerdas para anggota maupun tamu racana ini tidak bisa usai hingga mega merah mulai nampak. Sehingga sidang pun tertunda, dan diselingi dengan ISHOMA hingga pukul 13.00 WIB.
Sidang Pleno II lanjutan dimulai pukul 13.00 WIB dengan melanjutkan pembahasan dari masing-masing komisi yang selesai pada pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan ISHOMA.
Jam menunjukkan pukul 19.00 WIB, agenda dilanjutkan dengan Sidang Pleno III Pengesahan Tatib Pemilihan KDR (Formatur), Pemangku Adat, Dewan Kehormatan dan Tim Formatur. Meski telah terjadi perdebatan diantara peserta sidang, namun hal itu tidak menyurutkan semangat kakak-kakak untuk melanjutkan acara. Lanjut dengan agenda Sidang Pleno IV, yaitu  Pemilihan Calon KDR dan Penyampaian Visi Misi oleh para calon KDR, tawa sedikit menghiasi hawa panas yang sempat menyelinap ditengah-tengah kakak-kakak, saat melihat para calon KDR dengan ekspresi khas mereka.
SENIN, 31 DESEMBER 2012
Setelah melakukan Giat Pribadi dan sarapan pagi yang terjadwalkan hingga pukul 07.00 WIB, maka acara dilanjutkan dengan pemilihan KDR dan pemilihan PA. Suara terbanyak yaitu jatuh pada kakak Fikri Hidayatullah. Yang selanjutnya akan menyandang jabatan sebagai KDR Pramuka UIN Maliki Malang. KDR dan PA yang terpilih memberikan sambutan sebagai             komitmen mereka dalam menjabat sebagai dewan selama periode kedepan. Tepuk tangan yang meriah pun terdengar serempak dari para peserta setelah sambutan-sambutan yang diberikan usai. Dan untuk memenuhi syarat sebuah kepengurusan yang meliputi beberapa bagian maupun staf pendukung maka dibentuklah tim formatur yang terbentuk dari dua orang utusan tiap-tiap angkatan. Selain itu pada hari ini pula terbentuk Dewan kehormatan dan juga pemilihan Pemangku Adat.
            RABU, 2 JANUARI 2013
            Rentetan acara MUSDEGA usai dilanjutkan dengan acara REFLEKSI yang diselenggarakan di kampus UIN Maliki tercinta. Acara didmulai pada pukul 18.30 WIB bertempat di gedung B bagian Barat. Di hadiri oleh beberapa anggota racana, tamu racana, dan pembina yaitu kak Rokhmat Basuki. Acara dibuka dengan upacara pembukaan, selanjutnya diisi dengan sambutan-sambutan, yaitu oleh ketua ketua pelaksana (kak Ainun Nadhiroh), Dewan Racana terpilih (kak Fikri Hidayatullah), dan Pembina (kak Rokhmat Basuki). Usai sambutan acara dilanjutkan dengan sharing yang membahas tentang Racana tercinta. Dan acara selesai pada pukul 21.00 dan lanjutkan dengan upacara ulang janji yang mana kak Masduki sebagai Pembina pada upacara ini. Kemudian acara di akhiri dengan acara tasyakuran dengan peniupan lilin ulang tahun dan pemotongan kue ulang tahun.
v  Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep 04.335-04.336 XXIV
Setelah rangkaian kegiatan MUSDEGA dan REFLEKSI usai, kini tibalah saatnya Teamsus menyusun acara baru. Acara yang tak kalah meriah dari acara-acara sebelumnya. Persiapan yang kurang lebih satu minggu dipersiapkan dengan tiga kali koordinasi. Kini saatnya kakak-kakak unjuk aksi di acara HUT Racana UIN Maliki dengan menampilkan beberapa penampilan.
Pada hari sabtu malam minggu lebih tepatnya malam HUT, seluruh anggota racana berkumpul di gedung C lantai tiga untuk melaksanakan serah-terima jabatan (sertijab) yang mana KDR (Ketua Dewan Racana) lama menyerahkan jabatannya kepada KDR baru. Acara sertijab yang didatangi oleh para anggota racana dan tamu racana itu berlangsung dengan khidmat.
Keesokan harinya yaitu HUT Racana yang bertepatan pada hari Minggu, tanggal 10 Januari 2013, bertempat di gedung C berlangsung dengan lancar. Kedatangan kakak-kakak dari berbagai perti di Jawa Timur ikut serta memeriahkan acara HUT Racana dan pelantikan Dewan Racana masa bakti 2013/2014.
. Para tamu undangan yang datang disambut dengan senang hati oleh anggota pramuka Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Racana UIN MALIKI MALANG mempunyai beberapa adat yang mana tamu yang hadir disambut oleh pemagku adat. Para KDR dari kampus-kampus lain di beri minum teh menggunakan wadah kendi dan makanan khas malang yaitu buah apel. Selain itu para undangan yang hadir pada HUT kali ini mendapatkan sauvenir yang berupa buah apel.
Acara pertama yaitu pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan surat keputusan Pembina gugus depan kota Malang pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tentang pengangkatan pengurus Dewan Racana gugus depan Malang 04.335-04.336 periode 2013. Selanjutnya pelantikan Dewan Racana periode 2013 yang mana pelantikan ini dilakukan seperti biasanya, yaitu kakak-kakak yang dilantik sebagai Dewan Racana disumpah dengan membaca syahadat dan diatasnya disertai dengan Al-Qur’an. Pelantikan ini sangat menegangkan bagi dewan racana yang sedang dilantik karena mereka di beri amanah besar oleh atasan untuk mengurus dan bertanggung jawab atas nama Racana Maulana Malik Ibrahim-Dewi Chandra Wulan yang berpangkalan di pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Jaiz selaku kemahasiswaan UIN Maliki Malang , menyanyikan hymne pramuka dan ditutup dengan do’a. Acara terakhir pelantikan ini adalah prosesi adat pelantikan Ketua Dewan Racana periode 2013 yang mana pada adat ini KDR nya dibawa oleh pemangku adat ke lapangan UIN Maliki untuk dimandikan dengan bunga setaman dan diberi makan sayur kates yang tidak dibumbui dan diberi minum air kelapa. Kemudian pemangku adat menerangkan/menjelaskan filosofi tentang adat tersebut. Acara selanjutnya yaitu acara HUT Racana Maulana Malik Ibrahim-Dewi Chandra Wulan yang Ke-24. Yang mana dalam acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama: Ketua Dewan Racana (Kak Fikri Hidayatullah) Ketua Dewan Racana Domisioner (Kak Huron Maheru). Acara inti yaitu pemotongan tumpeng dan ditutup dengan do’a. Acara yang terakhir yaitu Ramah-tamah, tapi sebelum ramah-tamah dimulai para undangan dari perwakilan perti-perti memberikan Ucapan Selamat kepada racana kita dan diselingi oleh penampilan dari racana tercinta kita yang berupa tari topeng, fashion show, dan berbagai acara lainnya.
SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 UNTUK RACANA TERCINTA
DAN
SELAMAT KEPADA PARA DEWAN RACANA PERIODE 2013
BAB III
PENUTUP
A.    HASIL KEGIATAN
1.       Ketetapan MUSDEGA XXIV.
2.       Susunan Dewan Racana Masa Bhakti 2013.
3.       Pelantikan Dewan Racana Masa Bhakti 2013.
4.       HUT Gudep Kota Malang 04.335-04.336 XXIV Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
B.     EVALUASI
1.       Ketua
ü  Kurang koordinasi/komunikasi dengan anggota.
ü  Kurang bisa mengontrol anggota sie.
2.       Sekretaris
ü  Kurang teliti dalam penulisan surat.
3.       Bendahara
ü  Kurang bertanggungjawab dengan tugasnya.
ü  Kurang teliti dalam mengatur sirkulasi keuangan.
ü  Kurang tegas dalam menarik iuran.
4.       Sie Giat
ü  Kurang kerjasama antar anggota sie.
ü  Kurang bertanggungjawab dengan tugasnya.
5.       Sie PUBDEKDOK
ü  Kurang bertanggungjawab dengan tugasnya.
6.       Sie Humas dan Perlengkapan
ü  Kurang maksimal dalam menjalankan tugasnya.
ü  Kurang bertanggungjawab dengan tugasnya.
ü  Kurang koordinasi dengan anggota sie.
7.       Sie Konsumsi
ü  Kurang kerjasama antar anggota sie.
ü  Kurang bertanggungjawab dengan tugasnya.
C.    FAKTOR PENDUKUNG
1.       Kerjasama yang baik antara Timsus MUSDEGA XXIV dengan Dewan Racana serta Anggota Racana.
2.       Partisipasi dari peserta MUSDEGA XXIV yang secara aktif mengikuti kegiatan MUSDEGA XXIV maupun Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep Kota Malang 04.335-04.336 XXIV.
3.       Tersedianya sarana  dan prasarana yang memadai dalam kegiatan MUSDEGA XXIV maupun Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep Kota Malang 04.335-04.336 XXIV.
D.    FAKTOR PENGHAMBAT
1.       Kurangnya persiapan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT XXIV, sehingga banyak hal-hal yang belum terselesaikan secara maksimal.
2.       Kurangnya disiplin waktu dalam kegiatan, sehingga ada agenda kegiatan yang terlaksana tidak tepat pada waktu yang telah ditentukan.
3.       Banyaknya anggota sidang yang sering meninggalkan season pada waktu MUSDEGA XXIV, sehingga sangat mengganggu kegiatan tersebut.
4.       Kurangnya partisipasi, sehingga banyak anggota Racana yang tidak menghadiri kegiatan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep XXIV.
E.     SOLUSI
1.       Komunikasi dan sosialisasi yang proaktif dari Dewan Racana dan Timsus MUSDEGA XXIV mengenai pelaksanaan MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep XXIV kepada seluruh anggota Racana sepatutnya dilaksanakan dengan cara yang lebih efektif.
2.       Peraturan kegiatan dipeketat dan penanaman rasa tanggungjawab yang tinggi bagi para peserta untuk bisa mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah terjadwal.
3.       Mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan acara jauh sebelum hari H.
F.     UCAPAN TERIMA KASIH
MUSDEGA XXIV, Pelantikan Dewan Racana dan HUT Gudep Kota Malang 04.335-04.336 XXIV ini tidak dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak yang ikut membantu dan mendukung kegiatan ini, maka kami sebagai Team Khusus MUSDEGA XXIV mengucapkan terima kasih kepada :
1.           Para Birokrasi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
2.           Jajaran Mabigus dan Pembina  Pramuka Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
3.           Dewan Racana Pangkalan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Periode 2012.
4.           Anggota Racana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
5.           Tamu Racana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
6.           Team Khusus MUSDEGA XXIV.
7.           Pihak keamanan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
8.           Senior Pramuka Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
9.           Tuan Rumah MUSDEGA XXIV.
10.       Semua pihak terkait yang tidak dapat disebutkan disini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih gan,
sangat membantu..
cuman kalo boleh usul font nya jangan di warnanya jangan disamain gan sama background.. jadi gk keliatan saya nya dalam membaca artikel agan..

Unknown mengatakan...

ma'af gan.. bicara ane nggk tertata. keburu ane nyaa wkwkwk

Posting Komentar