contoh LAPORAN TUGAS AKHIR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN



LAPORAN TUGAS AKHIR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
























Dosen Pembimbing : Djoko Suwito, S. Pd
Disusun oleh:  Anang Sefriandi
Nim : 1321180040
Semester : 1 (satu)


AKADEMI KOMUNITAS (POLTEK) NEGERI
BOJONEGORO
Tahun 2014

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb.
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga saya dapat  menyelesaikan laporan tugas akhir ini.
Penulisan laporan ini dapat terselesaikan tepat waktu berkat bimbingan dan pengarahan dari Dosen. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada Bapak Djoko Suwito S.pd yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada saya.
            Laporan ini berisikan tentang hasil praktikum pembuatan program “Aritmatika” dengan menggunakan program turbo c++. Saya menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itulah saya mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan kesempurnaan laporan ini.
            Semoga laporan ini dapat menambah ilmu atau wawasan serta bisa memberi manfaat bagi para pembacanya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.




Bojonegoro, 07 Februari 2014


Penyusun






Daftar isi

Kata Pengantar  .............................................................................................                     2
Daftar isi  .......................................................................................................                    3 
Bab I               Pendahuluan          
I.1. Latar Belakang Masalah  .....................................................                        4
I.2. Tujuan  ................................................................................                      4
I.3. Metode  ..............................................................................                      4
Bab II Landasan Teori  ..................................................................................                       5
Bab III            AnalisisProgram  ..............................................................................              7
Bab IV            Implementasi Program     ........................................................ 19
Bab V Penutup       
                        V.1. Kesimpulan  .....................................................................             21
                        V.2. Saran  ...............................................................................                        21















BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah
            Di era modernisasi ini tekhnologi bukanlah menjadi hal yang khusus melainkan sudah menjadi hal yang umum. Perkembangan yang sangat cepat di bidang teknologi informasi memberikan pengaruh yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh yang paling nyata terlihat pada terjadinya perubahan mendasar terhadap cara orang melakukan komputasi. Saat ini orang - orang dapat dengan mudah menggunakan berbagai jenis teknologi dan aplikasi – aplikasi canggih untuk mempermudah kinerjanya.
Sekarang tekhnologi tidak hanya digunakan oleh kalangan atas atau para orang dewasa untuk kepentingan bisnis tetapi sudah menjadi konsumsi masyarakat umum.
Setiap orang bergantung kepada tekhnologi mulai dari untuk urusan rumah tangga sampai pekerjaan. Tidak terkecuali kepada para pelajar yang khusunya siswa – siswi tingkat sekolah dasar maupun tingat sekolah menengah pertama. Mereka tidak asing lagi dengan tekhnologi bahkan setiap harinya mereka memanfaatkannya.  Dilain sisi mereka juga disibukkan dengan urusan sekolah yang tak lepas dari matematika.
Matematika sering dianggap menjadi hal yang sulit bagi mereka, seperti harus menghafalkan rumus dll. Ketika menerima pelajaran matematika pasti akan menemukan bab perhitungan bangun datar. Rumus yang banyak pastilah membuat mereka kesulitan dalam menghafal dan menyelesaikannya. Untuk itu Penulis sebagai seorang mahasiswa Teknik Informatika yang mempelajari salah satu program aritmatika pemrograman , membuat suatu program untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni “mari berhitung”. Program ini dibuat untuk mempermudah para pelajar dalam belajar menghitung layaknya alat hitung kalkulator.

I.2. Tujuan
Program ini dibuat oleh penulis dengan tujuan :
1.     Pemenuhan tugas akhir semester mata kuliah Algoritma dan pemrograman
2.     Membantu pelajar dalam penyelesaian masalah perhitungan
3.     Sebagai tolak ukur kemampuan penulis

I.3. Metode
Penulisan laporan tugas akhir ini berdasarkan praktikum penulis dalam membuat program “aritmatika” dengan menggunakan turbo c++.

BAB III
LANDASAN TEORI
C++ adalah sebuah pemrograman yang memiliki banyak dialek, seperti bahasa orang yang banyak memiliki dialek. Dalam C++, dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara berasal dari jepang atau Indonesia, melaikan karena bahasa ini memiliki beberapa compiler yang berbeda. Ada empat compiler umum yaitu : C++ Borland, C++ microsof visual, c/386 watcom, dan DJGPP. Anda dapat mendownload DJGPP atau mungkin saja anda telah memiliki compiler lain.
Setiap compiler ini agak berbeda. Setiap compiler akan dapat menjalankan fungsi-fungsi standart C++ ANSI/ISO, tetapi masing-masing compiler juga akan dapat menjalankan fungsi-fungsi non standart (fungsi-fungsi ini, agak mirip dengan ucapan yang tidak standart yang diucapkan orang di berbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di NEW Orlean kata median disebut neutral ground). Kadang-kadang pemakaian fungsi non standart akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode sumber data (source code) (yaitu program berbahasa C++ yang di tulis oleh seseorang programmer) mempergunakan compiler yang berbeda. Tutorial ini tidak lepas dari masalah seperti itu.
Bila anda belum mempunyai sebuah compiler, disarankan agar agar anda memiliki sebuah compiler.sebuah compiler sederhana sudah cukup untuk dipergunakan oleh anda dalam mengikuti tutorial ini.
Bahasa programan C++ adalah bahsa yang amat berbeda. Untuk compiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords) ; keywords sendiri tidak cukup untuk di fungsikan sebagai input dan output. Walau hamper semua fungsi dalam file library tampaknya biasa diakses oleh header filenya.
Tanda #include adalah sebuah prosesor pengarah yang mengatakan kepada compiler untuk meletakan kode header file iostream.h kedalam program. Dalam menyertakan header file, anda dapat mengakses banyak fungsi-fungsi.
Dalam contoh diatas, fungsi cout memerlukan file iostream.h pada baris berikutnya yang penting adalah int main (). Baris ini mengatakan kepada compiler bahwa ada sebuah fungsi bernama main, yang mana funsi itu memngembalikan sebuah integer, sehingga diberi tanda int. tanda kurung ({ dan }) menandakan awal dan akhir fungsi dalam program diatas dan menghentikan kode lainya. Jika anda memakai bahasa pascal, anda akan menggunakan perintah BEGIN dan END. Baris berikutnya dari program diatas agak aneh. Jika anda menulis sebuah program menggunakan bahasa lain, anda akan mengetahui bahwa perintah print akan menampilkan text dilayar monitor. Dalam bahasa C++ tidaklah demikian, pemakaian fungsi cout dipakai untuk menampilkan text dilayar monitor anda. Itu juga memakai tanda atau symbol <;<;, yang diketahui sebagai operator pemasukan (insertion operators).
Tanda tersebut mengatakan kepada compiler agar segera menghasilkan output sesuai dengan input anda. Tanda semicolon ditambahkan dalam bagian akhir dari semua fungsi yang di panggil dalam bahasa C++; tanda seterusnya memperlihatkan variable yang anda deklarasikan. Pada baris itu juga ada kode yang memerintahkan fungsi main kembali ke nol. Pada saat satu kali kembali di proses, itu dilakukan melalui system operasi. Sebagai catatan, pendeklarasian fungsi main yang tidak di inginkan memiliki proses kembali, ditambahkan void main()- dan biasanya itu berfungsi dengan baik ; namun cara ini merupakan cara yang kurang baik.
Tanda kurung terakhir berperan sebagai penutup agar fungsi di hentikan.Anda biasa mencoba mengoprasikan fungsi ini dalam sebuah compiler. Anda dapat melakukan cut dan paste kode diatas kedalam sebuah file, dan menyimpannya sebagai file. Cpp, dan kemudian anda buka file itu dari dalam compiler anda. Jika anda memakai baris perintah compiler seperti yang dalam bordlan C++ 5.5, sebaiknya anda membaca dahulu intruksi  compiler tentang bagaimana cara melakukan kompilasi (how to compiler).
Command atau computer sering dipakai dalam program. Ketika anda mengatakan kepada compiler bahwa sebuah bagian dari program anda adalah text komentar, compiler tidak akan memasukan itu sebagai perintah program. Untuk membuat sebuah komentar dipergunakan tanda //, yang mengakan kepada compiler bahwa baris berikut adalah komentar, memakai tanda /* dan kemudian diakhiri tanda */ untuk menandai bahwa segala yang ada antara kedua tanda ini adalah komentar. Beberapa compiler akan mengubah warna komentar, tetapi beberapa compiler lain tidak. Berhati-hatila dalam menulis program anda agar kode program anda tidak dianggap sebagai komentar oleh compiler karena dapat mempengaruhi output program yang anda buat. Selanjutnya anda harus dapat menuliskan program sederhana untuk menampilkan informasi yang anda ketikan kedalamnya. Selain itu, program juga bias dibuat untuk menerima input. Fungsi yang di pakai adalah cin, dan di ikuti dengan tanda >>.
Tentu saja anda sebelum anda mencoba menerima input, anda harus memiliki tempat penyimpanan input. Dalam pemrograman, pada saat anda ingin mengatakan kepada compiler sebuah variable yang anda deklarasikan, anda harus menyertakan tipe data dan nama dari variable. Beberapa cara dasar adalah menuliskan include care, ini, dapat float.
Sebuah variable char menyimpan sebuah karakter tunggal; variable int akan menyimpan integer (bukan bilangan decimal), dan variable float akan menyimpan bilangan decimal. Setiap variable-char, int, dan float.Merupakan sebuah kata kunci (keyword) yang anda pergunakan pada saat anda mendeklarasikan sebuah variable.Untuk mendeklarasikan sebuah variable anda memakai syntax type. Ini di ijinkan untuk mendeklarasikan variable multiple dari jenis variable yang sama pada baris yangsama; masing-masing variablenya di pisahkan dengan tanda koma. Deklarasi sebuah variable atau sekelompok variable dapat di ikuti tanda semicolon (catatan, tanda ini sama dengan yang diterapkan pada prosedur dimana anda akan memanggil sebuah fungsi).
Jika anda tidak memakai sebuah variable yang di deklarasikan sebelumnya. Program anda tidak dapt dioprasikan (atau di run), dan anda akan meneriam pesan eror yang memberitahu anda bahwa anda telah melakukan kesalahan.




BAB IV
FLOWCHART DAN PROGRAM ARITMATIKA
Program ini adalah program yang di gunakan untuk menghitung bilangan aritmatika.Apa itu bilangan aritmatika?? Bilangan aritmatika adalah bilangan yang dimulai dengan angka, sebut saja x yang akan menjadi nilai pertamanya angka selanjutnya adalah angka y yang mana nantinya akan dihitung selisihnya, di tambahkan, di bagi dan juga dikalikan.
ALGORITMA :
Deklarasi :
A : integer
B : interger
N : integer
Integer
Sn : integer

Deskripsi :
Read x
Read y
Read n
For I <-0 to n do
Write x+(i*y)
End for
End
Pertama kita masukkan kode awal untuk memasuki program atau yang pembuat program, ini kodenya :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int a,b,tb,kr,kl,bg,modu;
void main()
{

clrscr();
textcolor(4+BLINK);
cprintf("SELAMAT DATANG DI PROGAM ARITMATIKA") ;cout<<endl;
cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("===============================================") ;cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("AKN POLTEK Bojonegoro") ;cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("===============================================") ;cout<<endl;
getch();

textcolor(5);
cprintf("Nama        : ANANG SEFRIANDI") ;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Kelas       : TI 2") ;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Jurusan     : Teknik Informatika") ;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Semester    : 1 (satu)") ;cout<<endl;
getch();
cout<<endl;endl;


Setelah selesai tahap awal kita lihat screnshotnya dibawah ini :







Gambar 1.1
Kemudian untuk langkah yang kedua kita masukkan kode :
textcolor(2);
cprintf("masukkan angka pertama : ") ;cin>>a;
textcolor(2);
cprintf("\nmasukkan angka kedua   : ") ;cin>>b;

tb=a+b;
kr=a-b;
kl=a*b;
bg=a/b;
modu=a%b;
cout<<"hasil penjumlahannya : "<<tb;
cout<<"\nhasil selisihnya     : "<<kr;
cout<<"\nhasil kalinya        : "<<kl;
cout<<"\nhasil baginya        : "<<bg;
cout<<"\nsisa hasil baginya   : "<<modu;
getch();
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Sekian Dan Terima Kasih") ;cout<<endl;
getch();
textcolor(5);
cprintf("======== Salam Sukses ========") ;cout<<endl;
getch();

}
Dan ini screnshotnya







Gambar 1.2
Logika :
Jika kita memasukan angka pada variable a dan b maka program akan melakukan operator aritmatika yaitu * ,/ , resend , + , -.
Kenapa kita menggunakan type data integer dan float?, itu karena jika kita menggunakn integer pada pembagian maka jika hasil yang di dapat berupa angka decimal maka angka tersebut akan dibulatkan ke bawah. Contoh jika kita menggunakan integer pada pembagian ½ maka hasil yang di dapat adalah 0, berbeda jika kita menggunakan float, hasil yang di dapat adalah 0,5.
Jadi kita menggunakan float untuk mendapatkan hasil yang lebih teliti. Lalu mengapa hanya pada modulo yang menggunakan integer?, karena modulo hanya bisa dignakan pada bilangan bulat saja itulah mengapa hanya pada modulo saja yang menggunakan integer.
Untuk menggunakan program tersebut Compile dan run terlebih dahulu (abaikan peringatan warning). Maka akan muncul tampilan program tersebut, seperti gambar di bawah ini.







            Gambar 1.3
Apabila sudah muncul tampilan seperti gambar diatas artinya program siap digunakan. Masukkan pilihan berdasarkan menu yang tertera kemudian enter. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. masukkan nilai yang dibutuhkan, kemudian enter. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.







Gambar 1.4
Untuk keluar dari program tersebut tekan enter





BAB V
PENUTUP

V.1. Kesimpulan
Dari pelaksanaan praktikum yang telah berjalan dengan lancar, alhamdulillah saya dapat memahami materi yang di ajarkan tentang pemrogaman ARITMATIKA dengan cukup jelas.
ARITMATIKA merupakan pemrogaman menghitung yang sedehanatermasuk pemrogaman yang mudah untuk dipelajari.
            Penulis berharap program ini bisa bermanfaat bagi para pelajar awal. Serta bisa membuat penulis sendiri mendapat nilai yang optimal untuk pemenuhan tugasnya.
V.2. Saran
Dalam mempelajari pemrogaman Aritmatika banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Maka dari itu diperlukan adanya ketelitian dan kesabaran, serta analisa. Dan Penulis menyarankan kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari bahasa pemrograman tersebut.













==================== Kejujuran Awal dari Kesuksesan ====================
==================== Salam Sukses  ====================

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Nur rokhman mengatakan...

ijin buat makalah

www.alena_soskar.com mengatakan...

Sangat membantu,. Thanks

Posting Komentar