pantai di malang yang sangat cocok untuk snorkling

Lenggoksono, suatu daerah terpencil yang menyimpan sejuta pesona. Sebuah desa yang berada di Kec. Tirtoyudo Kab. Malang bagian selatan ini memiliki beberapa pantai yang sangat indah dan mengagumkan. Untuk mencapai sana kita harus membawa kendaraan pribadi. Tidak ada angkutan umum untuk pergi kesana. Jarak dari Kota Malang menuju desa ini ±70km, atau sekitar 3-4jam perjalanan. Dari pusat Kota Malang kalian bisa mengambil arah menuju Turen-dampit, petunjuknya sangat jelas untuk arah ini. Setelah sampai kota Dampit kita masih lurus untuk nyampek ke Kec. Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo kita ngambil arah Pantai Sipelot. Dari situ kita akan melewati beberapa desa sampai kita menemukan persimpangan yang akan mengarah ke Sipelot dan ke Lenggoksono/Wedi Awu, ambil arah ke Lenggoksono/Wedi Awu. Lalu kita akan menemui persimpangan lagi yang mengarah ke Wedi Awu dan ke Lenggoksono, ambil arah Lenggoksono lagi, ini adalah persimpanagn terahir. Petunjuk arah disini hasil dari swadaya masyarakat. Jadi yang akan kita temui bukan petunjuk arah resmi yang berwarna hijau dan bentuknya besar. Untuk kalian-kalian yang mau kesini disarankan jangan pergi malam hari atau waktu hujan, karena di sini nggak ada penerangan jalan sama sekali dan tidak warung bagi kalian yang kelaparan. Total waktu yang di tempuh Dari Kota Malang ke Kec. Dampit sekitar 1-2jam, dan dari Kec. Dampit ke Desa Lenggoksono ±1-1,5jam.
Setelah sampai Desa Lengoksono kita bisa nanya-nanya ke warga sekitar arah menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Kalo udah nyampek TPI kalian bisa makan sepuasnya :D. Di sini banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman, mereka buka hingga dini hari. Setelah nyampek TPI kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian di sini dan membeli tiket retribusi. Sembari beristirahat setelah perjalanan jauh, kalian bisa sharing sama warga sekitar. Di sini kalian tinggal milih mau ke pantai mana. Ada Pantai Lenggoksono, Pantai Bolu-bolu dan Pantai Banyu Anjlok. Untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok kita bisa melewati 2 jalur dan 3 cara. kalian bisa lewat jalur laut dengan menaiki perahu atau jalur darat yang bisa di tempuh dengan jalan kaki atau memakai jasa ojek. Sedangkan untuk Pantai Bolu-bolu kita cuma ada 1 jalur, jalur laut. Kalo kita mau ke Pantai Banyu Anjlok lewat jalur laut kita melewati beberapa pantai dan dapat merasakan besarnya ombak khas pantai selatan. Bagi kalian yang suka traking kalian bisa jalan kali yang jaraknya ±5km dan membutuhkan waktu sekitar 1jam. Kalo kalian ingin merasakan sensasi berkendara di pegunungan, kalian bisa menggunakan jasa ojek. kalian akan melewati tanjakan tinggi yang seakan-akan motornya mau mundur, melewati sungai dan masih banyak rintangan yang sangat seru.
Kalian bisa menikmati air terjun air tawar yang jernih (kalo nggak ujan) yang mengalir deras dan langsung jatuh langsung ke pantai. Itu sebabnya pantai ini disebut Pantai Banyu Anjlok. Disini kalian bisa bermain air sepuas hati. Baik main di pantai ataupun di air terjun. Oiya, kalian juga bisa surfing,diving dan snorkling di kawasan Lenggoksono ini. Untuk peralatannya kalian bisa bawa sendiri atau menyewaa di TPI tadi. Kalo kalian mau diving,snorkling ataupun surfing, kalian bisa mendirikan tenda di Pantai Bolu-bolu. Tapi sebelumnya kalian harus janjian dulu sama yang punya perahu dan bilang kalo kalian mau diving, snorkling atau surfing agar kalian di antar tepat waktu. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar