LAPORAN TUGAS AKHIR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
|
Dosen Pembimbing :
Djoko Suwito, S. Pd
Disusun oleh:
Anang
Sefriandi
Nim : 1321180040
Semester : 1 (satu)
AKADEMI KOMUNITAS (POLTEK)
NEGERI
BOJONEGORO
Tahun
2014
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
hidayah-Nya sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan tugas akhir ini.
Penulisan laporan ini dapat terselesaikan
tepat waktu berkat bimbingan dan pengarahan dari Dosen. Oleh karena itu pada
kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada Bapak Djoko Suwito S.pd yang
telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada saya.
Laporan ini berisikan tentang hasil
praktikum pembuatan program “Aritmatika”
dengan menggunakan program turbo c++. Saya menyadari sepenuhnya bahwa laporan
ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itulah saya mengharapkan saran dan
kritik demi perbaikan dan kesempurnaan laporan ini.
Semoga laporan ini dapat menambah
ilmu atau wawasan serta bisa memberi manfaat bagi para pembacanya. Atas
perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Bojonegoro, 07 Februari 2014
Penyusun
Daftar isi
Kata
Pengantar
............................................................................................. 2
Daftar isi
....................................................................................................... 3
Bab
I Pendahuluan
I.1. Latar Belakang Masalah ..................................................... 4
I.2. Tujuan ................................................................................ 4
I.3. Metode .............................................................................. 4
Bab
II Landasan Teori .................................................................................. 5
Bab
III AnalisisProgram .............................................................................. 7
Bab
IV Implementasi Program ........................................................ 19
Bab
V Penutup
V.1. Kesimpulan ..................................................................... 21
V.2. Saran ............................................................................... 21
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Masalah
Di era modernisasi ini tekhnologi
bukanlah menjadi hal yang khusus melainkan sudah menjadi hal yang umum.
Perkembangan yang sangat cepat di bidang teknologi informasi memberikan
pengaruh yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh yang
paling nyata terlihat pada terjadinya perubahan mendasar terhadap cara orang
melakukan komputasi. Saat ini orang - orang dapat dengan mudah menggunakan
berbagai jenis teknologi dan aplikasi – aplikasi canggih untuk mempermudah
kinerjanya.
Sekarang tekhnologi tidak hanya digunakan oleh
kalangan atas atau para orang dewasa untuk kepentingan bisnis tetapi sudah
menjadi konsumsi masyarakat umum.
Setiap orang bergantung kepada tekhnologi mulai dari untuk urusan rumah tangga sampai pekerjaan. Tidak terkecuali kepada para pelajar yang khusunya siswa – siswi tingkat sekolah dasar maupun tingat sekolah menengah pertama. Mereka tidak asing lagi dengan tekhnologi bahkan setiap harinya mereka memanfaatkannya. Dilain sisi mereka juga disibukkan dengan urusan sekolah yang tak lepas dari matematika.
Setiap orang bergantung kepada tekhnologi mulai dari untuk urusan rumah tangga sampai pekerjaan. Tidak terkecuali kepada para pelajar yang khusunya siswa – siswi tingkat sekolah dasar maupun tingat sekolah menengah pertama. Mereka tidak asing lagi dengan tekhnologi bahkan setiap harinya mereka memanfaatkannya. Dilain sisi mereka juga disibukkan dengan urusan sekolah yang tak lepas dari matematika.
Matematika sering dianggap menjadi hal yang
sulit bagi mereka, seperti harus menghafalkan rumus dll. Ketika menerima
pelajaran matematika pasti akan menemukan bab perhitungan bangun datar. Rumus
yang banyak pastilah membuat mereka kesulitan dalam menghafal dan
menyelesaikannya. Untuk itu Penulis sebagai seorang mahasiswa Teknik
Informatika yang mempelajari salah satu program aritmatika pemrograman , membuat
suatu program untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni “mari berhitung”.
Program ini dibuat untuk mempermudah para pelajar dalam belajar menghitung
layaknya alat hitung kalkulator.
I.2. Tujuan
Program
ini dibuat oleh penulis dengan tujuan :
1.
Pemenuhan
tugas akhir semester mata kuliah Algoritma dan pemrograman
2.
Membantu
pelajar dalam penyelesaian masalah perhitungan
3.
Sebagai
tolak ukur kemampuan penulis
I.3. Metode
Penulisan laporan tugas akhir ini berdasarkan
praktikum penulis dalam membuat program “aritmatika” dengan menggunakan turbo c++.
BAB III
LANDASAN TEORI
C++ adalah sebuah
pemrograman yang memiliki banyak dialek, seperti bahasa orang yang banyak
memiliki dialek. Dalam C++, dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara
berasal dari jepang atau Indonesia, melaikan karena bahasa ini memiliki
beberapa compiler yang berbeda. Ada empat compiler umum yaitu : C++ Borland,
C++ microsof visual, c/386 watcom, dan DJGPP. Anda dapat mendownload DJGPP atau
mungkin saja anda telah memiliki compiler lain.
Setiap compiler ini
agak berbeda. Setiap compiler akan dapat menjalankan fungsi-fungsi standart C++
ANSI/ISO, tetapi masing-masing compiler juga akan dapat menjalankan fungsi-fungsi
non standart (fungsi-fungsi ini, agak mirip dengan ucapan yang tidak standart
yang diucapkan orang di berbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di NEW Orlean
kata median disebut neutral ground). Kadang-kadang pemakaian fungsi non
standart akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode
sumber data (source code) (yaitu program berbahasa C++ yang di tulis oleh
seseorang programmer) mempergunakan compiler yang berbeda. Tutorial ini tidak
lepas dari masalah seperti itu.
Bila anda belum
mempunyai sebuah compiler, disarankan agar agar anda memiliki sebuah
compiler.sebuah compiler sederhana sudah cukup untuk dipergunakan oleh anda
dalam mengikuti tutorial ini.
Bahasa programan C++
adalah bahsa yang amat berbeda. Untuk compiler C++ berbasis DOS, akan
memerlukan beberapa kata kunci (keywords) ; keywords sendiri tidak cukup untuk
di fungsikan sebagai input dan output. Walau hamper semua fungsi dalam file
library tampaknya biasa diakses oleh header filenya.
Tanda #include adalah
sebuah prosesor pengarah yang mengatakan kepada compiler untuk meletakan kode
header file iostream.h kedalam program. Dalam menyertakan header file, anda
dapat mengakses banyak fungsi-fungsi.
Dalam contoh diatas,
fungsi cout memerlukan file iostream.h pada baris berikutnya yang penting
adalah int main (). Baris ini mengatakan kepada compiler bahwa ada sebuah
fungsi bernama main, yang mana funsi itu memngembalikan sebuah integer,
sehingga diberi tanda int. tanda kurung ({ dan }) menandakan awal dan akhir
fungsi dalam program diatas dan menghentikan kode lainya. Jika anda memakai
bahasa pascal, anda akan menggunakan perintah BEGIN dan END. Baris berikutnya
dari program diatas agak aneh. Jika anda menulis sebuah program menggunakan
bahasa lain, anda akan mengetahui bahwa perintah print akan menampilkan text
dilayar monitor. Dalam bahasa C++ tidaklah demikian, pemakaian fungsi cout
dipakai untuk menampilkan text dilayar monitor anda. Itu juga memakai tanda
atau symbol <;<;, yang diketahui sebagai operator pemasukan (insertion
operators).
Tanda tersebut
mengatakan kepada compiler agar segera menghasilkan output sesuai dengan input
anda. Tanda semicolon ditambahkan dalam bagian akhir dari semua fungsi yang di
panggil dalam bahasa C++; tanda seterusnya memperlihatkan variable yang anda
deklarasikan. Pada baris itu juga ada kode yang memerintahkan fungsi main
kembali ke nol. Pada saat satu kali kembali di proses, itu dilakukan melalui
system operasi. Sebagai catatan, pendeklarasian fungsi main yang tidak di
inginkan memiliki proses kembali, ditambahkan void main()- dan biasanya itu
berfungsi dengan baik ; namun cara ini merupakan cara yang kurang baik.
Tanda kurung terakhir
berperan sebagai penutup agar fungsi di hentikan.Anda biasa mencoba
mengoprasikan fungsi ini dalam sebuah compiler. Anda dapat melakukan cut dan
paste kode diatas kedalam sebuah file, dan menyimpannya sebagai file. Cpp, dan
kemudian anda buka file itu dari dalam compiler anda. Jika anda memakai baris
perintah compiler seperti yang dalam bordlan C++ 5.5, sebaiknya anda membaca
dahulu intruksi compiler tentang
bagaimana cara melakukan kompilasi (how to compiler).
Command atau computer
sering dipakai dalam program. Ketika anda mengatakan kepada compiler bahwa
sebuah bagian dari program anda adalah text komentar, compiler tidak akan
memasukan itu sebagai perintah program. Untuk membuat sebuah komentar
dipergunakan tanda //, yang mengakan kepada compiler bahwa baris berikut adalah
komentar, memakai tanda /* dan kemudian diakhiri tanda */ untuk menandai bahwa
segala yang ada antara kedua tanda ini adalah komentar. Beberapa compiler akan
mengubah warna komentar, tetapi beberapa compiler lain tidak. Berhati-hatila
dalam menulis program anda agar kode program anda tidak dianggap sebagai
komentar oleh compiler karena dapat mempengaruhi output program yang anda buat.
Selanjutnya anda harus dapat menuliskan program sederhana untuk menampilkan
informasi yang anda ketikan kedalamnya. Selain itu, program juga bias dibuat
untuk menerima input. Fungsi yang di pakai adalah cin, dan di ikuti dengan
tanda >>.
Tentu saja anda
sebelum anda mencoba menerima input, anda harus memiliki tempat penyimpanan
input. Dalam pemrograman, pada saat anda ingin mengatakan kepada compiler
sebuah variable yang anda deklarasikan, anda harus menyertakan tipe data dan
nama dari variable. Beberapa cara dasar adalah menuliskan include care, ini,
dapat float.
Sebuah variable char
menyimpan sebuah karakter tunggal; variable int akan menyimpan integer (bukan
bilangan decimal), dan variable float akan menyimpan bilangan decimal. Setiap
variable-char, int, dan float.Merupakan sebuah kata kunci (keyword) yang anda
pergunakan pada saat anda mendeklarasikan sebuah variable.Untuk mendeklarasikan
sebuah variable anda memakai syntax type. Ini di ijinkan untuk mendeklarasikan
variable multiple dari jenis variable yang sama pada baris yangsama;
masing-masing variablenya di pisahkan dengan tanda koma. Deklarasi sebuah variable
atau sekelompok variable dapat di ikuti tanda semicolon (catatan, tanda ini
sama dengan yang diterapkan pada prosedur dimana anda akan memanggil sebuah
fungsi).
Jika anda tidak
memakai sebuah variable yang di deklarasikan sebelumnya. Program anda tidak dapt
dioprasikan (atau di run), dan anda akan meneriam pesan eror yang memberitahu
anda bahwa anda telah melakukan kesalahan.
BAB IV
FLOWCHART DAN PROGRAM ARITMATIKA
Program ini adalah
program yang di gunakan untuk menghitung bilangan aritmatika.Apa itu bilangan
aritmatika?? Bilangan aritmatika adalah bilangan yang dimulai dengan angka,
sebut saja x yang akan menjadi nilai pertamanya angka selanjutnya adalah angka
y yang mana nantinya akan dihitung selisihnya, di tambahkan, di bagi dan juga
dikalikan.
ALGORITMA :
Deklarasi :
A : integer
B : interger
N : integer
Integer
Sn : integer
Deskripsi :
Read x
Read y
Read n
For I <-0 to n do
Write x+(i*y)
End for
End
Pertama kita masukkan
kode awal untuk memasuki program atau yang pembuat program, ini kodenya :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
int
a,b,tb,kr,kl,bg,modu;
void main()
{
clrscr();
textcolor(4+BLINK);
cprintf("SELAMAT
DATANG DI PROGAM ARITMATIKA") ;cout<<endl;
cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("===============================================")
;cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("AKN
POLTEK Bojonegoro") ;cout<<endl;
textcolor(3);
cprintf("===============================================")
;cout<<endl;
getch();
textcolor(5);
cprintf("Nama : ANANG SEFRIANDI")
;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Kelas : TI 2") ;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Jurusan : Teknik Informatika")
;cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Semester : 1 (satu)") ;cout<<endl;
getch();
cout<<endl;endl;
Setelah
selesai tahap awal kita lihat screnshotnya dibawah ini :
Gambar 1.1
Kemudian untuk langkah
yang kedua kita masukkan kode :
textcolor(2);
cprintf("masukkan
angka pertama : ") ;cin>>a;
textcolor(2);
cprintf("\nmasukkan
angka kedua : ") ;cin>>b;
tb=a+b;
kr=a-b;
kl=a*b;
bg=a/b;
modu=a%b;
cout<<"hasil
penjumlahannya : "<<tb;
cout<<"\nhasil
selisihnya : "<<kr;
cout<<"\nhasil
kalinya : "<<kl;
cout<<"\nhasil
baginya : "<<bg;
cout<<"\nsisa
hasil baginya : "<<modu;
getch();
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
textcolor(5);
cprintf("Sekian
Dan Terima Kasih") ;cout<<endl;
getch();
textcolor(5);
cprintf("========
Salam Sukses ========") ;cout<<endl;
getch();
}
Dan ini
screnshotnya
Gambar 1.2
Logika :
Jika kita memasukan
angka pada variable a dan b maka program akan melakukan operator aritmatika
yaitu * ,/ , resend , + , -.
Kenapa kita
menggunakan type data integer dan float?, itu karena jika kita menggunakn
integer pada pembagian maka jika hasil yang di dapat berupa angka decimal maka
angka tersebut akan dibulatkan ke bawah. Contoh jika kita menggunakan integer
pada pembagian ½ maka hasil yang di dapat adalah 0, berbeda jika kita
menggunakan float, hasil yang di dapat adalah 0,5.
Jadi kita menggunakan
float untuk mendapatkan hasil yang lebih teliti. Lalu mengapa hanya pada modulo
yang menggunakan integer?, karena modulo hanya bisa dignakan pada bilangan
bulat saja itulah mengapa hanya pada modulo saja yang menggunakan integer.
Untuk menggunakan program tersebut Compile dan
run terlebih dahulu (abaikan peringatan warning). Maka akan muncul tampilan
program tersebut, seperti gambar di bawah ini.
Gambar
1.3
Apabila sudah muncul tampilan seperti
gambar diatas artinya program siap digunakan. Masukkan pilihan berdasarkan menu
yang tertera kemudian enter. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar
dibawah ini. masukkan nilai yang dibutuhkan, kemudian enter. Hasilnya seperti
gambar dibawah ini.
Gambar 1.4
Untuk keluar dari program tersebut tekan enter
BAB V
PENUTUP
V.1. Kesimpulan
Dari pelaksanaan praktikum
yang telah berjalan dengan lancar, alhamdulillah saya dapat memahami materi
yang di ajarkan tentang pemrogaman ARITMATIKA dengan
cukup jelas.
ARITMATIKA merupakan pemrogaman menghitung yang
sedehanatermasuk pemrogaman yang mudah untuk dipelajari.
Penulis
berharap program ini bisa bermanfaat bagi para pelajar awal. Serta bisa membuat
penulis sendiri mendapat nilai yang optimal untuk pemenuhan tugasnya.
V.2. Saran
Dalam mempelajari
pemrogaman Aritmatika banyak
sekali hal yang harus diperhatikan. Maka dari itu diperlukan adanya ketelitian
dan kesabaran, serta analisa. Dan
Penulis menyarankan kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini
mempelajari bahasa pemrograman tersebut.
==================== Kejujuran
Awal dari Kesuksesan ====================
==================== Salam
Sukses ====================
2 komentar:
ijin buat makalah
Sangat membantu,. Thanks
Posting Komentar